Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati, Kelas Remaja : Program Puskesmas Desa Locare Demi Generasi Bangsa yang Lebih Baik

Senin (17/07/17), Puskesmas mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kesehatan pada para remaja Desa Locare. Pendidikan kesehatan di daerah Pedesaan sangat penting untuk dilakukan agar taraf hidup warga desa makin meningkat.
Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, pendidikan mengenai hidup sehat sangat penting untuk dilakukan terutama untuk remaja yang merupakan generasi penerus bangsa. Salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang kini menyebar luas adalah Penyakit Menular Seksual (PMS) yaitu jenis penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. HIV/AIDS, Sifilis, Gonorhoe, Kanker Serviks dan Herpes merupakan beberapa jenis dari Penyakit Menular Seksual yang diakibatkan oleh Virus dan bakteri. Penyakit-penyakit ini amat sangat berbahaya karena belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut sepenuhnya. Bahkan, obat untuk penyakit HIV/AIDS belum dapat ditemukan hingga sekarang.
Menyadari akan hal ini, Puskesmas Desa Locare mengadakan program Kelas Remaja yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai hidup sehat terutama mengenai penyebaran Penyakit Menular Seksual (PMS). Program ini dilakukan karena maraknya pernikahan dini di daerah pedesaan sehingga meningkatkan terjadinya penyebaran penyakit ini. Pernikahan di usia muda sangat rentan terhadap perceraian karena kesiapan mental yang masih kurang. Biasanya para janda atau duda akan mendapatkan pasangan lagi dalam waktu yang tidak lama. Hal inilah yang mempercepat penyebaran penyakit karena pasangan yang berganti-ganti. Hal ini makin diperburuk dengan gejala dari penyakit seksual tidak muncul cepat terutama HIV/AIDS yang masa inkubasi virusnya mencapai 5-10 tahun. Namun penderita di tahun awal sudah dapat menularkan virus HIV/AIDS meskipun penderita terlihat sehat sehingga menurunkan kewaspadaan warga.
Selain itu, Kelas Remaja yang diadakan oleh Puskesmas Desa Locare juga memberikan pengetahuan mengenai bahaya narkoba. Narkoba sekarang ini merupakan momok yang sangat menakutkan bagi berbagai Negara karena dapat merusak generasi bangsa. Harga narkoba yang cenderung mahal membuat para pengguna gelap mata dan melakukan tindakan kriminal untuk mendapatkan uang demi membeli barang haram tersebut. Proses penyembuhan bagi para pengguna juga sangat sulit karena membutuhkan waktu sangat lama dan sangat menyiksa.
Program ini sangat penting untuk dilakukan demi memberikan pengetahuan bagi para remaja mengenai bahaya pernikahan dini dan penggunaan narkoba. Pengetahuan mengenai dampak-dampak dari pernikahan dini dan narkoba diharapkan dapat membuat para remaja enggan untuk mencoba sehingga penyebaran Penyakit Menular Seksual dapat ditahan dan generasi bangsa menjadi lebih baik.

Related posts

Leave a Comment