SOSIALISASI PERANGKAP HAMA LALAT BUAH PADA TANAMAN CABAI

Pemerintah desa locare bekerja sama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember mengadakan sosialisasi tentang pengendalian hama tanaman cabai di desa locare. Acara tersebut dihadiri oleh sekertaris desa, perangkat desa, Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) dari dinas pertanian dan ketua kelompok tani se-desa locare.

 Sosialisasi diadakan siang hari pada jam 13.00 WIB di Balai Desa Locare dimulai dengan sambutan dari sekertaris desa dilanjutkan dengan sambutan dari PPL desa locare dengan acara inti yaitu “Sosialisasi Tentang Penggunaan Perangkap Hama Lalat Buah pada Tanaman Cabai”. Acara berjalan sangat antusias ketika para petani menanyakan tentang pembuatan perangkap hama lalat buah yang sangat sederhana. Kemudian mahasiswa KKN menjelaskan pembuatan perangkap hama yang terbuat dari botol bekas yang dicat warna kuning yang berguna untuk menarik hama buah untuk hinggap  kemudian diberi lem tikus sebagai perekat hama lalat buah. Sebelum di sosialisasikan Perangkap tersebut telah di uji coba pada tanaman cabai salah satu petani dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dengan diadakannya acara tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas tanaman cabai di desa locare dan dapat membantu petani dalam mengatasi hama buah pada tanaman cabai.

Related posts

Leave a Comment