MAHASISWA KKN UNEJ ADAKAN SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMBUATAN BOKASHI UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAN KEPEDULIAN MASYARAKAT DESA LOCARE TERHADAP LINGKUNGAN

Masyarakat Desa locare sebagian besar berprofesi sebagai petani dan sebagian besar juga beternak hewan sapi, oleh karena itu pasti akan sangat banyak limbah kotoran hewan tersebut yang tersebar di desa ini, selama ini masyarakat setempat hanya menggunakan kotoran sapi tersebut sebagai pupuk kandang yang dikeringkan terlebih dahulu kemudian di bawa ke lahan pertanian mereka masing-masing.

Dengan adanya mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Jember mereka punya inisiatif untuk memanfaatkan adanya kotoran sapi tersebut untuk di jadikan sebagai hal yang lebih bermanfaat yaitu di jadikan sebagai Bokashi.Bokashi sendiri merupakan pupuk kompos yang di hasilkan dari proses fermentasi atau peragian bahan organic dengan teknologi EM4 (Efective Microorganisme 4) sehingga dalam waktu pembuatannya lebih singkat jika di bandingkan dengan cara konvensional.

Untuk menjalankan program yang mereka rencanakan para mahasiswa tersebut untuk bersama-sama dengan rekan-rekan mereka yang KKN di Desa lain untuk mengadakan sosialisasi dan pelatihan serta cara pembuatan Bokashi, sosialisasi tersebut di tempatkan di Desa Petung Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso, mereka mengundang seluruh ketua kelompok tani yang ada di Desa Locare untuk mengikuti pelatihan pembuatan Bokashi. tidak hanya itu mereka juga melibatkan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) kecamatan curahdami untuk ikut serta memberikan pelatihan tersebut kepada para ketua kelompok tani yang hadir dalam acara tersebut.

Pembuatan Bokashi dapat mengatasi masalah limbah peternakan yaitu berupa kotoran sapi. Selain itu di Bokashi juga bermanfaat untuk lahan pertanian dan juga mempunyai nilai ekonomis yang di harapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi peternak sapi yang ada di Desa Locare.

Related posts

Leave a Comment